1. Hardware [Kembali]


2. Rangkaian Simulasi [Kembali]

3. Flowchart [Kembali]
4. Listing Program [Kembali]
#include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
5. Video [Kembali]
Analisa yang terjadi apabila pin kolom keypad (C1, C2, C3) dibalik urutannya!
JIka ketiga pin tersebut dibalik, maka angka yang terhubung dengan ketiga pin tersebut tidak akan menyala jika tombol yang bersangkutan ditekan. input dari keypad tersebut tidak terbaca pada LCD.
7. Link Download [Kembali]
- Listing Program (download)
- Video (download)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar